Sensasi Unik Manis Pedas Tengkleng Sumsum Pak Manto – Solo

tengkleng3Bagi Anda penggemar masakan olahan daging kambing, kuliner satu ini wajib masuk dalam daftar Anda. Tengkleng Pak Manto yang berasal di kota Solo. Eits jangan samakan dulu masakan ini dengan tengkleng lainnya, tengkleng satu ini tidak bakal Anda temukan di tempat lain, yaitu sajian sumsum tulang kambing dalam masakan tengkleng rica-rica tulang kambing.

Apa sih bedanya dibanding masakan tengkleng di tempat lainnya? Perbedaan paling mencolok terletak pada citarasanya, tengkleng yang umumnya identik dengan rasa asin, pada tengkleng Pak Manto Anda akan dimanjakan dengan sensasi rasa manis, gurih dan pedas. Tampilannya yang hitam kental karena tambahan kecap dan santan, sangat cocok dengan ungkapan “si hitam manis”.

Menurut pemilik sekaligus juru masak warung ini, Pak Sumanto (49), awalnya masakan tengkleng rica-rica sumsum kambing ini adalah menu coba-coba, karena belum pernah ada yang menggunakan tulang kambing muda sebagai bahan utama tengkleng di kota Solo. Tak disangka, ternyata banyak pelanggan yang menggemarinya hingga kini menu ini menjadi andalan warung Pak Manto yang masyhur hingga ke luar kota Solo.

Memasak tengkleng ini diawali dengan tulang kambing muda yang dipotong-potong kemudian direbus dengan bumbu gulai. Tulang yang digunakan dipilih yang bagian dalamnya masih mengandung banyak sumsum, atau istilahnya tulang pipo (karena bentuknya seperti pipa). Setelah bumbu meresap, tulang itu akan dimasak dengan bumbu sederhana, yakni bawang putih, mentega ditambah dengan kuah gulai dan kecap. Jadilah sepiring tengkleng rica-rica tulang kambing muda. Untuk mendapatkan sensasi segar saat menyantapnya, Anda bisa menambahkan irisan kubis dan tomat.

Selain citarasanya, Anda juga akan menemukan sensasi yang berbeda dari cara menyantap tengkleng sumsum kambing ini. Setelah menikmati daging empuk yang menempel di tulang, selanjutnya Anda bisa menyedot sumsum yang berada di dalam tulang, menghadirkan serbuan rasa pedas, manis dan gurih di dalam mulut.

Dan jangan khawatir merasa kurang puas saat menikmati sajian ini, karena porsi yang disajikan termasuk ukuran jumbo dengan satu porsi tengkleng rica-rica tulang kambing muda dibanderol seharga Rp 35.000,00-

Tak hanya rasanya yang membuat Anda merem-melek, sumsum tulang kambing ternyata memiliki banyak manfaat untuk tubuh. Selain kandungan zat dan vitamin, juga terdapat protein yang merupakan nutrisi dari beberapa asam amino yang diperlukan tubuh untuk pertumbuhan dan menjalankan fungsi normal tubuh. Kandungan kalsium tinggi dalam sumsum tulang kaki kambing juga dapat mempercepat penyembuhan patah tulang. Sumsum sendiri sudah dikenal banyak orang berkhasiat menambah stamina.

Berkisah mengenai usahanya, Pak Manto menuturkan dulunya hanya ikut membantu orang yang juga berjualan olahan kambing selama tujuh tahun. Setelah itu barulah beliau mulai mendirikan usahanya sendiri pada tahun 1990. Terhitung Pak Manto berganti lokasi warung di tiga tempat berbeda, hingga mulai tahun 2000, bisnis kulinernya menetap di lokasi saat ini yaitu di jl. Honggowongso.

Nah bagi Anda pecinta kuliner, jangan lupa bertandang ke warung Pak Manto ketika mengunjungi kota Solo, tepatnya di alamat Jl Honggowongso 36, Solo. Warung yang dibuka sejak pukul 07.30 hingga pukul 17.00 WIB ini tak pernah sepi pembeli yang berasal baik dari kota Solo maupun dari luar kota. Anda pun juga dapat menikmati sajian masakan kambing lainnya selain tengkleng rica-rica sumsum, seperti gulai, garang asem, sate buntel, nasi goreng kambing, dan masih ada beberapa menu lainnya.

Comments

comments