Mie Aceh Penggugah Selera di Fiddleheads Street Gallery PIM 1

Kekayaan kuliner Nusantara memiliki citarasa yang sangat beragam, namun bisa dikatakan, di negeri rempah ini semua makanan sangat lezat dan spicy. Bumbu yang digunakan selalu beragam, dari jenis umbi, buah dan daun. Setiap dareha memiliki ciri khas nya masing-masing.

Mie Aceh misalnya, adalah salah satu menu favorit para pecinta kuliner Indonesia maupun manca negara karena citarasanya yang istimewa. Mie Aceh adalah masakan mie pedas dengan mie kuning tebal direbus dan disiram kuah kari yang gurih pedas, irisan daging sapi, daging kambing atau makanan laut (udang dan cumi). Mie Aceh tersedia dalam dua jenis, Mie Aceh Goreng (digoreng dan kering) dan Mie Aceh Kuah (sup). Biasanya ditaburi bawang goreng dan disajikan bersama emping, potongan bawang merah, mentimun, dan jeruk nipis.

Sahabat Rasa tidak perlu harus ke Aceh untuk mendapatkan sajian lezat ini. Buat yang di Jakarta, ada satu restoran nyaman di Pondok Indah Mall 1, tepatnya di Street Gallery-nya. Namanya adalah Fiddleheads.

Fiddleheads menyajikan berbagai macam menu baik internasional maupun kuliner Nusantara. Konsep restoran adalah family resto dengan smooking dan non smooking area. Selalu diputar music pop ballads dengan pencahayaan secukupnya saja di setiap meja, membuatnya menjadi tempat yang cukup romantis untuk pasangan, baik tua maupun muda.

Ada satu ruangan di tengah-tengah dengan bentuk desain perpaduan ethnic dan simple modern,  digunakan khusus bagi mereka yang sedang mengadakan pesta kecil s eperti anniversary dan ulang tahun, atau juga reuni kecil.

IMG_2001

Pertama datang, pelayan di depan pintu masuk langsung menyapa dengan ramah. Mempersilahkan untuk memilih ruangan dan menyiapkan tempoat duduk yang dipilih. Buku menu diberikan sesaat kemudian.  Menu yang ditawarkan sangat beragam. Ada kelompok menu Nibbles yang berisi : Nachos, tempura, gyoza, edamame, lalu kelompok menu soup dan salada, burger dan sandwich. Main menu berisi berbagai kekayaan kuliner dalam negeri seperti: Mie aceh, Nasi Goreng, Nasi Kebuli, Ketupat Sayur, Soto Empal Daging. Semua menu mulai dari harga 25 ribu rupiah hingga termahal 150 ribu rupiah.

Menu andalan dari Fiddleheaads adalah Mie Aceh dan Nasi Sea Food Jimbaran. Saya memesan Mie Aceh untuk mencoba kelezatan kuliner populer racikan khas Fiddleheads ini.

IMG_1985

Mia Aceh disajikan persis seperti aslinya dengan kuah kari kental , isi irisan daging halus, udang goreng tepung utuh 2 ekor, tauge rebus, irisan tomat segar, daun bawang segar ditaburi bawang goreng dan emping. Pelengkap yang menyertai penyajian adalaha acar bawang merah, jeruk nipis, Saus Cabe dan Saus Tomat Dua Belibis.

Disajikan dalam piring besar, namun porsi pas untuk menu makan siang maupun makan malam. Citarasa mie dan kuah sebelum dicampur dengan pelengkap sudah cukup berempah, namun ketika ditambahkan perasan jeruk nipis, dan acar bawang merah menjadi sedikit asam menyegarkan. Saat ditambahkan Saus Cabe daan Saus Tomat Dua Belibis. Wah, rasanya benar-benar menjadi seperti meledak di mulut. Rasa kuah yang gurih manis semakin kuat ditambah rasa pedas tambahan dari Saus Cabe Dua Belibis. Maknyuss Sahabat!

IMG_2005

Restoran ini tidak ada cabangnya lho Sahabat Rasa. hanya ada satu di Indonesia. Sejak berdiri Mei 2014 setia menggunakan Saus Cabe dan Saus Tomat Dua Belibis. Pemiliknya berasal dari Aceh, sayangnya saya tidak sempat berbincang dengan beliau karena kesibukannya. BApak Kiko, sang pemilik Fiddleheads merupakan penggemars etia Saus Dua Belibis, bahkan seluruh keluarganya menggunakan Saus Dua Belibis, di Aceh sana.  Satu lagi nih Sahabat Rasa, menurut Manager Restorant yang saat itu bertugas, Fiddleheads akan mendapatkan sertifikasi halal dari MUI Januari 2016 nanti! Jadi ga perlu ragu lagi ya untuk menikmati setiap sajiannya bersama keluarga.

Comments

comments