Kembali Berenergi dengan Mie Ayam Kabingah Hate

Mie ayam  adalah menu sehari-hari  yang sangat populer. Bisa dikatakan, hampir di semua tempat Sahabat Rasa bisa menemukan warung, restoran ataupun gerobak penjaja mie ayam.  Meskipun ini adalah menu yang sangat umum, namun sudah pasti ada saja yang menyediakannya dengan citarasa berbeda.

Di wilayah Jabodetabek, menu mie ayam hadir di berbagai lapisan masyarakat. Dari kelas warung pinggiran, gerobak keliling,  rumah makan kecil sampai food court di mall-mall besar. Ciri khas dari menu ini ada pada citarasa kuah, kemudian bentuk, rasa dan kekenyalan mie, terakhir rasa bahan bahan tambahannya berupa bakso atau pangsit, dan tentu saja tidak tertinggal citarasa saus sambal yang melengkapinya.

Di Ciledug, Tangerang, Sahabat Rasa bisa menemukan sebuah warung mie ayam dengan citarasa tidak kalah dari tenant yang ada di mall. Namanya adalah Warung Mie Ayam Kabingah Hate. Sudah berada di Jl. Raden Saleh ini sejak tahun 2002. Pemiliknya adalah seorang perantau dari Jawa Tengah, tepatnya Purwokerto.

IMG_0110

Kabingah Hate menyediakan mie ayam dengan tekstur kenyal dan lembut. Mienya tipis kecil keriting, berwarna kuning pucat dan tawar.  Dihidangkan dengan sayuran tauge dan sawi hijau serta daun bawang. Toping ayam bukan berbentuk dadu namun berbentuk daging ayam cincang. Warna nya pun tidak seperti mie ayam pada umumnya yang berwarna coklat kecap, disini ayam cincang tanpa kuah dan berwarna pucat. Ini menunjukkan bahwa ayam diolah dengan cara dikukus atau diungkep dengan bumbu. Untuk pendamping atau tambahannya, Sahabat Rasa bisa memilih pangsit atau bakso atau keduanya. Untuk mie ayam bakso dan pangsit, cukup memesan menu mie ayam komplit.
IMG_0135

Bakso dan pangsit nya disajikan dalam mangkok terpisah yang lebih kecil dan ditambahkan kuah bercitarasa gurih kaldu ayam. Kuah nya bening dengan taburan daun bawang dan bawang garing juga sawi putih.
Yang membuatnya menjadi istimewa adalah saus sambal yang disediakan. Warung Mie Ayam Kabingah Hate selalu menyediakan Saus Sambal Dua Belibis sebagai pelengkap setiap menu nya. Bapak Kasimin, sang pemilik warung menyatakan memilih Saus Dua Belibis karena citarasanya yang unik. “Bukan hanya pedas, namun ada perpaduan rasa manis dan asam di saus ini, beda banget dengan saus merk lain yang cenderung asam.”, demikian tutur pria kelahiran tahun 1972 ini.

IMG_0124

Porsinya yang pas sangat tepat mengganjal perut di saat waktu makan sian atau makan malam, mengembalikan energi yang telah dipakai beraktifitas seharian.  Warung tidak terlalu besar namun cukup nyaman dengan adanya dua kipas angin. Tersedia berbagai menu lain seperti kwetiauw, bihun dan nasi goreng. Untuk minuman, Sahabat Rasa bisa memilih teh botol dingin, air mineral dingin, juga berbagai jus buah segar.  Letak warung mie ayam Kabingah Hate cukup strategis karena dilewati oleh Kopaja P16 jurusan Ciledug – Tanah Abang dan angkot mobil kecil berwarna kuning C03 trayek Puri Mall – Ciledug.

Comments

comments